Contoh Pidato

Berbakti Kepada Orang Tua

 

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Alhamdulillahirrobbil’alamin, Allahuma sholi ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, ama ba’du.

Teman-teman bagaimana kabarnya hari ini, Alhamdulillah kita semua sehat, dan masih diberi keimanan oleh Allah SWT. Untuk itu jangan lupa kita harus mengucapkan terimakasih dan bersyukur pada Allah atas segala karunia ini. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir zaman. Amiin.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membawakan tausiyah yang berjudul Berbakti kepada orang tua terutama Ibu. Teman-teman, kalian masih punya orang tua tidak? Ya. Kalau ibu, masih tidak? Kalau orang tua masih apalagi ibu maka kita dianjurkan untuk berbakti kepada kedua orang tua. Berbakti pada orang tua itu wajib lho teman-teman. Kenapa ya….? Mau tahu jawabannya? Ya….tunggu sebentar.

Begini…, kalau kita berbakti pada orang tua maka kita akan menjadi anak yang baik dan mendapatkan keselamatan / surganya Allah. Nabi Muhammad saw pernah bersabda yang berbunyi bahwa : “al jannatu tahta aqdamil ummahat “ artinya :” Surga itu ada dibawah telapaki kaki ibu ”. Setelah mendengar bunyi hadis diatas coba kita bayangkan, apa benar ya perkataan nabi tersebut bahwa surga memang dibawah telapak kaki ibu? Kalian pernah melihat surganya belum?belum…, sama dong.!

Apa yang dimaksud surga itu? Surga adalah tempat bagi orang yang berbuat baik dan orang yang selalu  menyembah Allah swt, dan surga juga merupakan hal yang ghoib/ tidak biasa dilihat oleh manusia. Di sana kita akan mendapatkan kenikmatan. Apapun yang kita inginkan pasti akan dikabulkan. Mau minta susu, buah, minuman, rumah dan sebagainya, pasti Allah akan langsung mengabulkan seketika itu juga. Teman-teman ingin masuk surga tidak? Ingin.. kalau ingin masuk surga, ada kuncinya. Hayo apa teman-teman? Salah satu kuncinya yaitu Berbakti kepada orang tua terutama ibu.

Jadi maksud surga ada dibawah telapak kaki ibu itu, kita dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW untuk selalu berbakti pada orang tua lebih-lebih kepada ibu. Karena ibu sudah melahirkan kita dengan susah payah, sudah mendidik dan merawat kita dari kecil, memberi makan dan lain-lain. Betul tidak teman-teman? Betuul. Cara berbakti kepada orang tua yaitu:

  1. tidak berkata jelek pada orang tua                        5. merapikan tempat tidur
  2. tidak membantah/ selalu menurut                       6. tidak menyakiti ibu
  3. membantu kesulitan ibu dirumah                                    7. dan lain-lain
  4. menyapu lantai

Masih banyak sekali teman-teman cara berbakti pada orang tua. Kalo kita sudah berbakti dan berbuat baik pada orang tua terutama ibu, maka kita akan diberikan balasan oleh Allah berupa surga. Tetapi kalo kita tidak mau berbakti pada orang tua maka kita tidak akan diberi surga, tapi akan disiksa di neraka. Teman-teman pilih yang mana, masuk surga atau disiksa di neraka? Masuk surga….! . maka dari itu kita wajib untuk berbakti kepada orang tua.

Ini saja teman-teman, apa yang bisa saya sampaikan , banyak kesalahan saya mohon maaf. Semoga kita semua bisa berbakti pada orang tua dan masuk surga, amiin.

Billahi taufiq wal hidyah, Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

By Santri TPQ Al Barokah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: